Thursday, October 30, 2014

RANCANGAN MEMBUKA USAHA WARUNG INTERNET (WARNET)


MEMBUKA USAHA WARUNG INTERNET (WARNET)
Saya mempunyai gagasan untuk membuka usaha Warung Internet (warnet), masih jarangnya warnet di daerah tempat tinggal saya memberikan peluang untuk membuka usaha warnet agar dapat mengembangkan Teknologi Informasi di kalangan masyarakat. Banyak pelajar yang kesulitan jika mereka ingin mengerjakan tugas yang melibatkan pencarian Informasi di Internet seperti pembuatan makalah, pembuatan E-mail dan yang lain karena minimnya jasa warnet dan sebagian besar masyarakat tidak memiliki sarana teknologi informasi, dengan begitu saya bisa membantu untuk menyediakan salah satu sarana untuk yang digunakan dalam proses pendidikan yang disesuaikan dengan perkembangan jaman, saya akan memanfaatkan sebuah sekolah yang belum mempunyai fasilitas Internet sebagai lahan untuk membuka warung Internet, dengan menyewa tempat yang berada di dekat sekolah tersebut. fasilitas layanan internet yang lengkap seperti disediakan kebutuhan untuk printing, browsing, chatting, download dan game online akan menarik konsumen yang ingin menggunakan jasa internet. Adapun langkah- langkah untuk membuka usaha warnet adalah sebaai berikut :
1.      Menyediakan dana sebagai modal awal membuka usaha warnet.
2.      Menyewa tempat untuk membuka Usaha warnet yang cukup untuk memuat beberapa komputer.
3.      Merenovasi tempat tersebut bila ada kerusakan disesuaikan dengan kebutuhan tempat Internet.
4.      Membeli beberapa komputer beserta perangkatnya seperti CPU AMD, kabel, speaker, keyboard dan perangkat lain.
5.      Memasang jaringan Internet dengan fasilitas layanan Internet yang lengkap dengan provider yang disesuaikan dengan keadaan daerah saya misalnya seperti spidy.
6.      Membuat desain model lesehan dengan tidak memakai kursi, hanya menggunakan meja yang sederhana untuk menyimpan komputer agar terkesan lebih santai dan mentoleransi pengguna bilik lebih dari satu orang tetapi bilik tersebut tidak terlalu tinggi atau tertutup untuk mencegah penyalahgunaan tempat.
7.      Menentukan biaya tarif bagi pengguna jasa Internet.
8.      Mencari satu orang karyawan untuk menjaga warnet tersebut.

Tentunya langkah- langkah akan diwujudkan dengan perencanaan dan pengelolaan yang dilakukan oleh saya dengan dibantu oleh rekan- rekan terdekat, saya akan mengontrol tempat tersebut setiap hari dan apabila terjadi kerusakan akan segera diperbaiki, pada mula usaha warnet ini saya akan menyediakan 8 komputer bersama perangkatnya dan memasang jaringan Internet dengan layanan kebutuhan yang lengkap serta menentuka biaya tarif penggunaan Internet seharga Rp.3000/jam dan paket yang lain.
selain itu diperlukan seorang karyawan untuk menjaga warnet dan mengerjakan pekerjaan yang lain seperti menjadi kasir, membersihkan keyboard komputer dan membereskan ruangan setelah warnet tersebut ditutup dengan di beri upah Rp. 600.000/ bulan
warnet ini akan mulai dibuka pada pukul 08.00 pagi sampai pukul 08.00 malam, jadi warnet ini dibuka selama 12 jam/hari. Yang diperlukan untuk membuka warnet tersebut dengan rincian sebagai berikut:
1.    Sewa tempat
2.    Renovasi tempat
3.    Pc (8)                                 
4.    Pemasangan layanan Internet
5.    Listrik
6.    Papan serta kayu untuk membuat bilik      
7.    Meja untuk komputer (8)
8.    Kabel                                 
9.    Speaker
10.Spanduk
             Dari kebutuhan untuk sarana yang diperlukan tersebut, maka dapat ditentukan modal yang diperlukan untuk membuka usaha warnet tersebut sebesar Rp.33.000.000 secara keseluruhan. Saya mempunyai rencana apabila saya sudah bekerja, saya akan menabung sebagian penghasilan saya untuk modal membuka usaha warnet tersebut dan untuk membuka usaha warnet harus mempunyai keahlian di bidang Informasi dan teknologi dan harus mempunyai pengalaman dalam bidang instalasi serta mempunyai modal pikiran yang kreatif, inovatif dan motifatif dalam mengembangkan usaha warnet tersebut. apabila usaha warnet tersebut sudah menjadi maju dengan menghasilkan keuntungan maka saya akan gunakan keuntungan tersebut untuk menyediakan tempat poto copy dan membuka warung yang menyediakan makanan dan minuman ringan untuk para pengguna jasa internet, setelah itu apabila berhasil saya juga akan membuka counter di tempat tersebut dengan menjual kartu perdana, pulsa dan cassing handpone, dengan banyaknya sarana yang disediakan semoga sajah dapat menarik lebih banyak konsumen.

No comments:

Post a Comment