1. Pelaksanaan Pendekatan Saintifik dalam Materi Buku teks
SMA kelas X kurikulum 2013
1. Ya, materi dalam buku teks SMA kelas X kurikulum 2013
materi pembelajaran berbasis pada fakta atau fenomena yang dapat dijelaskan
dengan logika atau penalaran tertentu; bukan sekedar kira-kira, khayalan atau
dongeng semata karena materi pembelajaran dalam buku teks tersebut merupakan
sebuah fakta ata fenemona yang membantu peserta didik untuk menambah wawasan
pengetahuan dan mampu bertindak efektif menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan
nyata. fakta atau fenomena tersebut
disusun dalam berbagai teks diantaranya teks laporan hasil observasi, teks
prosedur kompleks, teks eksposisi, teks anekdot dan teks eksposisi.
Masing-masing teks tersebut mempunyai struktur berdasarkan fakta bukan hanya
sekedar kira-kira, khayalan atau dongeng semata contohnya struktur teks
prosedur kompleks terdiri dari tujuan dan langkah-langkah yang dapat diterapkan
dalam kehidupan nyata. Kutipan sebagai berikut.
“pada teks
prosedur kompleks langkah-langkah itu merupakan urutan yang biasanya tidak
dapat diubah urutannya. Langkah awal menjadi penentu langkah berikutnya”
2. Ya,materi dalam
buku teks SMA kelas X kurikulum 2013 penjelasan guru, respon siswa, dan
interaksi edukatif guru dan siswa terbebas dari prasangka yang serta merta
pemikiran subjektif atau penalaran yang menyimpang dari alur berpikir logis
karena materi dalam buku teks tersebut berdasarkan pemikiran yang objektif dan
bernalar, dalam buku teks tersebut tidak ada materi yang menyimpang dari alur
berpikir logis contohnya saja pada materi pelajaran V tentang “Seni
Bernegosiasi dalam Kewirausahaanan” terdapat kegiatan 1 yang menjelaskan
negosiasi dan cara melakukannya “negosiasi adalah bentuk interaksi sosial yang
berfungsi untuk mencapai kesepakatan di antara pihak-pihak tersebut berusaha
menyelesaikan perbedaan itu dengan dialog. Penyelesaian sengketa Spidan
Lingitan antara Indonesia dan Malaysia adalah contoh negosiasi yang nyata”
3. Ya, materi dalam buku teks SMA kelas X kurikulum 2013
mendorong dan menginspirasi siswa berpikir secara kritis, analitis, dan tepat
dalam mengidentifikasi, memahami, memecahkan masalah dan mengaplikasikan materi
pembelajaran karena materi dalam buku teks tersebut menyajikan berbagai materi
yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari yang sering kali kita sulit untuk
memecahkan sebuah permasalahan namun dengan materi yang ada dalam buku teks
tersebut peserta didik akan terampil berpikir kritis dan kreatif menyelesaikan
masalah dalam kehidupan nyata, dalam buku teks tersebut disediakan berbagai
tugas yang akan mendorong siswa dalam mengidentifikasi, memahami,memecahkan
masalah dan mengaplikasikan materi pembelajaran “pada kegiatan belajar ini,
kalian diharapkan dapat mengebali pengungkapan pendapat dalam bentuk teks
eksposisi serta dapat menerapkannya pada konteks kebebasan berpendapat di forum
ekonomi dan politik. Sebagai pembuka, bacalah terlebih dahulu puisi atau sajak
“seonggok jagung” pada Tugas1 untuk mendapatkan gambaran bahwa apabila orang
tidak dapat mengemukakan pendapat pada forum yang tepat, pada dasarnya ia tidak
dapat mengaktualiasasikan dirinya. Pada tugas 2,3,dan 4 kalian akan
mengeksplorasi cara mengajukan pendapat lebih lanjut”.
4. Ya, materi dalam buku teks SMA kelas X kurikulum 2013
mendorong dan menginspirasi siswa mampu berpikir hipotetik dalam melihat
perbedaan, kesamaan dan tautan satu sama lain dari materi pembelajaran karena
dalam buku teks tersebut pada setiap awal bab selalu dijelaskan kaitan antara
materi sebelumnya dan materi yang akan dipelajari sehingga peserta didik
termotivasi untuk mempelajari materi
“teks laporan serin dianggap sama dengan teks deskripsi. Sebenarnya teks
laporan dan teks deskripsi berbeda. Perbedaan yang paling menonjol di antara
keduanya terletak pada sifatnya. Teks laporan bersifat global dan universal,
sedangkan teks deskripsi bersifat unik dan individual untuk melaoprkan
kehidupan harimau , misalnya kalian dapat mulai dengan membuat klsasifikasi
jenis harimau, kemudian memaparkan bentuk fisik, ciri, habitat, dan kebiasaan
hidup harimau itu”.
No comments:
Post a Comment