Thursday, February 18, 2016

Pelaksanaan Pendekatan Saintifik dalam Materi Buku teks SMA kelas X kurikulum 2013



1.      Pelaksanaan Pendekatan Saintifik dalam Materi Buku teks SMA kelas X kurikulum 2013
1.      Ya, materi dalam buku teks SMA kelas X kurikulum 2013 materi pembelajaran berbasis pada fakta atau fenomena yang dapat dijelaskan dengan logika atau penalaran tertentu; bukan sekedar kira-kira, khayalan atau dongeng semata karena materi pembelajaran dalam buku teks tersebut merupakan sebuah fakta ata fenemona yang membantu peserta didik untuk menambah wawasan pengetahuan dan mampu bertindak efektif menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan nyata.  fakta atau fenomena tersebut disusun dalam berbagai teks diantaranya teks laporan hasil observasi, teks prosedur kompleks, teks eksposisi, teks anekdot dan teks eksposisi. Masing-masing teks tersebut mempunyai struktur berdasarkan fakta bukan hanya sekedar kira-kira, khayalan atau dongeng semata contohnya struktur teks prosedur kompleks terdiri dari tujuan dan langkah-langkah yang dapat diterapkan dalam kehidupan nyata. Kutipan sebagai berikut.
“pada teks prosedur kompleks langkah-langkah itu merupakan urutan yang biasanya tidak dapat diubah urutannya. Langkah awal menjadi penentu langkah berikutnya”
PEL,2 KEG I TGS 3.2.jpg
2.      Ya,materi  dalam buku teks SMA kelas X kurikulum 2013 penjelasan guru, respon siswa, dan interaksi edukatif guru dan siswa terbebas dari prasangka yang serta merta pemikiran subjektif atau penalaran yang menyimpang dari alur berpikir logis karena materi dalam buku teks tersebut berdasarkan pemikiran yang objektif dan bernalar, dalam buku teks tersebut tidak ada materi yang menyimpang dari alur berpikir logis contohnya saja pada materi pelajaran V tentang “Seni Bernegosiasi dalam Kewirausahaanan” terdapat kegiatan 1 yang menjelaskan negosiasi dan cara melakukannya “negosiasi adalah bentuk interaksi sosial yang berfungsi untuk mencapai kesepakatan di antara pihak-pihak tersebut berusaha menyelesaikan perbedaan itu dengan dialog. Penyelesaian sengketa Spidan Lingitan antara Indonesia dan Malaysia adalah contoh negosiasi yang nyata”
3.      Ya, materi dalam buku teks SMA kelas X kurikulum 2013 mendorong dan menginspirasi siswa berpikir secara kritis, analitis, dan tepat dalam mengidentifikasi, memahami, memecahkan masalah dan mengaplikasikan materi pembelajaran karena materi dalam buku teks tersebut menyajikan berbagai materi yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari yang sering kali kita sulit untuk memecahkan sebuah permasalahan namun dengan materi yang ada dalam buku teks tersebut peserta didik akan terampil berpikir kritis dan kreatif menyelesaikan masalah dalam kehidupan nyata, dalam buku teks tersebut disediakan berbagai tugas yang akan mendorong siswa dalam mengidentifikasi, memahami,memecahkan masalah dan mengaplikasikan materi pembelajaran “pada kegiatan belajar ini, kalian diharapkan dapat mengebali pengungkapan pendapat dalam bentuk teks eksposisi serta dapat menerapkannya pada konteks kebebasan berpendapat di forum ekonomi dan politik. Sebagai pembuka, bacalah terlebih dahulu puisi atau sajak “seonggok jagung” pada Tugas1 untuk mendapatkan gambaran bahwa apabila orang tidak dapat mengemukakan pendapat pada forum yang tepat, pada dasarnya ia tidak dapat mengaktualiasasikan dirinya. Pada tugas 2,3,dan 4 kalian akan mengeksplorasi cara mengajukan pendapat lebih lanjut”.
4.      Ya, materi dalam buku teks SMA kelas X kurikulum 2013 mendorong dan menginspirasi siswa mampu berpikir hipotetik dalam melihat perbedaan, kesamaan dan tautan satu sama lain dari materi pembelajaran karena dalam buku teks tersebut pada setiap awal bab selalu dijelaskan kaitan antara materi sebelumnya dan materi yang akan dipelajari sehingga peserta didik termotivasi untuk mempelajari materi  “teks laporan serin dianggap sama dengan teks deskripsi. Sebenarnya teks laporan dan teks deskripsi berbeda. Perbedaan yang paling menonjol di antara keduanya terletak pada sifatnya. Teks laporan bersifat global dan universal, sedangkan teks deskripsi bersifat unik dan individual untuk melaoprkan kehidupan harimau , misalnya kalian dapat mulai dengan membuat klsasifikasi jenis harimau, kemudian memaparkan bentuk fisik, ciri, habitat, dan kebiasaan hidup harimau itu”.

No comments:

Post a Comment