Thursday, February 18, 2016

BELAJAR BAHASA INDONESIA ITU MENYENANGKAN KARYA ISMAIL KUSMAYADI, NANDANG R. PAMUNGKAS DAN AHMAD SUPENA



BAB I
PENDAHULUAN
  1. Latar Belakang Masalah
Secara definitif buku teks adalah sarana belajar yang digunakan di sekolah-sekolah dan di perguruan tinggi untuk menunjang suatu program pengajaran. (Buckingham, 1958 :1523). Dalam proses belajar mengajar di sekolah, buku teks dapat menjadi pegangan guru dan siswa yaitu sebagai referensi utama atau menjadi buku tambahan. Di dalam kegiatan belajar, siswa tak sebatas mencermati apa-apa saja yang diterangkan oleh guru. Siswa membutuhkan referensi atau acuan untuk menggali ilmu agar pemahaman siswa lebih luas sehingga kemampuannya dapat lebih dioptimalkan. Dengan adanya buku teks tersebut, siswa dituntun untuk berlatih, berpraktik, atau mencobakan teori-teori yang sudah dipelajari dari buku tersebut. Oleh karena itu, guru harus secara cerdas menentukan buku ajar karya siapa yang akan digunakan di dalam pembelajaran. Karena, pada saat guru tepat menentukan buku ajar terbaik, hal tersebut akan berpengaruh besar di dalam proses pembelajaran nantinya.
Pemilihan buku teks harus sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Berbicara mengenai buku teks penetapan pemerintah terkait dengan tugas BSNP sebagai penilai kelayakan buku teks yaitu diatur dalam Peraturan Pemerintah yang berbunyi “Kelayakan isi, bahasa, penyajian, dan kegrafikan atau tampilan buku teks pelajaran dinilai oleh BSNP dan ditetapkan dengan Peraturan Menteri”. Dalam penelitian ini penulis tidak menggunakan semua kriteria yang sudah ditetapkan oleh BSNP itu sendiri, tetapi hanya menggunakan kriteria isi buku berdasarkan tipe menurut Grant tentang (Tradisional dan Komunikatif)
Bab yang akan dianalisis dalam makalah ini ialah bab 5 dari buku “Bahasa itu Menyenangkan” untuk SD/MI Kelas I yang ditulis oleh Ismail Kusmayadi, Nandang R. Pamungkas dan Ahmad Supena Bab 5 tersebut mengangkat tema “Budi Pekerti”.
B.     Pembatasan Masalahs
Permasalahan mengenai telaah buku teks merupakan kajian yang luas karena melibatkan berbagai unsur. Untuk membatasi permasalahan di atas penulis memandang perlu untuk membatasi masalah, adapaun pembatasan masalah adalah sebagai berikut.
1.      Telaah ini dilakukan pada buku teks yang berjudul “Bahasa Indonesia Itu Menyenangkan” karangan Ismail Kusmayadi, Nandang R. Pamungkas dan Ahmad Supena yang digunakan  untuk Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah.
2.      Telaah buku teks ini dilakukan pada isi buku berdasarkan tipe menurut Grant (tradsional dan komunikatif).
  1. Rumusan Masalah
Berdasarkan batasan masalah di atas, penulis merumuskan masalah sebagai berikut.
1.      Apakah buku teks “ Belajar bahasa Indonesia itu menyenangkan” termasuk buku tipe tradisional atau komunikatif?
2.      Apakah bahasa yang diajarkan pada buku teks tersebut alamiah?
3.      Apakah pelatihannya merujuk pada kehidupan nyata?
4.      Apakah pelatihannya mengarah pada pelatihan “akurasi”?
5.      Apakah pembelajarannya mengarah pada kajian atau pelatihan?
6.      Bagaimanakah kelebihan dan kekurangan buku teks “Belajar Bahasa Indonesia Itu Menyenangkan”?

  1. Manfaat Hasil Pembahasan
Telaah buku teks “Belajar Bahasa Indonesia Itu Menyenangkan” karangan Ismail Kusmayadi, Nandang R. Pamungkas dan Ahmad Supena diharapkan memberikan masukan tentang tipe buku teks menurut Grant terhadap guru agar senantiasa menggunakan buku teks yang layak digunakan sebagai bahan ajar dan pegangan bagi guru.
1.      Sebagai pilihan alternatif dalam menyajikan bahan ajar serta memberikan pengetahuan baru dalam memilih buku teks yang lebih efektif digunakan dalam pembelajaran.
  1. Dapat memberikan kontribusi untuk guru sebagai pengguna buku teks.
  2. Pembaca ataupun penyusun secara khusus dapat mengetahui kriteria-kriteria atau standar buku teks yang baik.
  3. Bisa menjadi bahan evaluasi dalam pembuatan buku teks yang berkualitas di penerbitan berikutnya.










BAB II
IDENTITAS BUKU DAN DESKRIPSI ISI PELAJARAN
A.    Identitas Buku yang Dianalisis
Buku yang berjudul “Belajar Bahasa Indonesia itu Menyenangkan” digunakan  di kelas I SDN Sukaratu III sebagai buku pegangan ketika mengajar oleh Ibu Cicin Nurhayati, S.Pd.Sd. Buku tersebut sudah memiliki identitas yang cukup lengkap karena  dalam buku tersebut dicantumkan   nama pengarang, tahun terbit, tempat terbit dan stempel BSNP. tetapi  edisi dan cetakannya tidak dicantumkan. Buku tersebut dikarang oleh Ismail Kusmayadi, Nandang R.Pamungkas dan Ahmad Supena yang diterbitkan pada tahun 2008  oleh Pusat Perbukuan dan Departemen Pendidikan Nasional di Jakarta. Stempel BSNP pada buku tersebut terdapat pada jilid belakang buku yang menyatakan bahwa buku tersebut layak sebagai buku teks pelajaran berdasarkan Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2008 tanggal 10 Juli tentang penetapan buku teks pelajaran yang memenuhi syarat kelayakan untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

B.     Deskripsi Isi bab yang Dianalisis
Pada buku teks “Bahasa Indonesia Itu Menyenangkan” terdapat sepuluh bab. Masing-masing bab mempunyai sub bab. Bab lima pada buku tersebut berjudul “Budi Pekerti” terdiri atas lima sub bab yaitu menyapa orang lain, menyalin puisi, mendeklamasikan puisi dan evaluasi pelajaran 5. Pada pelajaran menyapa orang lain terdapat latihan 1 yang berisi contoh percakapan pada saat menyapa orang lain dan latihan 2 berisi soal menjodohkan yang berkaitan dengan menyapa orang lain.
Pada pelajaran menyalin puisi  terdapat latihan 3  dan latihan tambahan yaitu siswa ditugaskan untuk menyalin puisi  yang berjudul “kucingku” ke dalam buku tulisnya kemudian siswa ditugaskan untuk menyalin puisi yang berjudul “Aku Suka Membaca”  ke dalam kertas selembar dengan hiasan gambar yang menarik.
Pada pelajaran mendeklamasikan puisi terdapat latihan 4 yang menjelaskan pengertian mendeklamasikan puisi kemudian siswa ditugaskan untuk membaca puisi “Ayah dan Bunda Tercinta”. Pada latihan 5 siswa ditugaskan untuk memahami dan mendeklamasikan di depan temannya dengan memperhatikan lafal dan gaya. Pada latihan 6 siswa ditugaskan untuk mendengarkan dan mengomentari pembacaan puisi temannya. Pada latihan 7 siswa ditugaskan untuk memilih sifat baik yang sudah disediakan dengan memberi tanda. Pada akhir pelajaran mendeklamasikan puisi terdapat ringkasan pelajaran 5 dan pertanyaan yang mengukur kemampuan. Pada evaluasi pelajaran 5 siswa ditugaskan untuk mengisi soal dan menyalin puisi “anak baik” untuk dideklamasikan.













BAB III
PEMBAHASAN
Analisis Isi Buku Teks Berdasarkan Tipe Menurut Grant
A.       Tipe Buku teks “ Belajar Bahasa Indonesia itu Menyenangkan”
Dilihat dari segi isinya buku  “Belajar Bahasa Indonesia itu Menyenangkan” termasuk ke dalam buku teks tipe komunikatif yaitu:
1.      menekankan pada penguasaan fungsi bahasa yaitu pada buku teks tersebut menekankan kepada fungsi bahasa sebagai alat komunikasi yaitu siswa ditugaskan untuk aktif berbicara dan terampil menggunakan bahasa.
2.      mereflesikan minat dan kebutuhan  siswa yaitu buku tersebut mereflesikan minat dan kebutuhan siswa dengan berbagai kegiatan yang meliputi empat keterampilan berbahasa seperti membaca nyaring, mendeklamasikan puisi mendengarkan donngeng dan mencontoh kata atau kalimat.
3.      menekankan pada kemampuan menggunakan bahasa yaitu pelajaran pada buku teks tersebut lebih menekankan padakegiatan berbicara seperti memperkenalkan diri dan melakukan percakapan.
4.      memberi porsi yang seimbang terhadap empat keterampilan berbahasa bahkan cendrung menekankan pada keterampilan menyimak dan berbicara contohnya seperti memperkenalakn diri, menjiplak berbagai bentuk, membedakan bunyi bahasa dan mendengarka dongeng. Namun yang lebih cendrung pelajaran pada buku teks mencakup kegiatan berbicara.
5.      secara tepat mengarah pada pencapaian tujuan, isi dan metodenya mengarah pada penggunaan bahasa sehari-hari.
6.      menekankan pada kelancaran bukan pada ketepatan. Buku teks tersebut menekankan pada kelancaran seperti siswa dilatih untuk berbicara dan membaca bukan hanya pada satu bab tetapi pada bab lainnya sehingga siswa tersebut menjadi terampil dan lancar berbahasa. 


B.       Jawaban Tentang Kekomunikatifan Buku Teks
 Bahasa yang diajarkan pada buku teks “Belajar Bahasa Indonesia itu Menyenangkan”  termasuk ke dalam bahasa alamiah karena bahasa yang digunakan pada buku teks tersebut tidak mengada-ngada yaitu bahasa yang digunakan dalan kehidupan sehari-hari dan mudah dipahami serta berupa ajakan kepada siswa untuk melakukan sesuatu seperti pada pelajaran 5 latihan 3 “ayo salin puisi berikut di bukumu” .
pelatihan pada buku teks tersebut merujuk pada aktivitas kehidupan nyata karena latihan-latihan yang terdapat pada buku tersebut merupakan kegiatan sehari-hari yang sering dilakukan dan tentunya harus dilakukan oleh anak-anak sejak usia dini seperti memperkenalakan diri, menyapa orang lain, menebak benda di sekitar dan melakukan percakapan. Contoh pada pelajaran memperkenalakan diri terdapat latihan 2 “adakah temanmu yang belum dikenal? Ayo beranikan diri untuk bertanya-tanya”.
Pelatihan pada buku teks tersebut mengarah pada pelatihan akurasi karena buku tersebut mengarahkan pada ketelitian, kecermatan dan ketepatan siswa dalam melakukan sebuah kegiatan seperti menjiplak berbagai bentuk, mencontoh huruf kata dan kalimat dan menjelaskan isi gambat contoh pada sub bab menjelaskan isi gamabr halaman 69 terdapat latihan 1 “ perhatikanlah gambar berikut, ceritakan gambarnya secara lisan”.
Pembelajaran pada buku teks tersebut mengarah pada kajian atau pelatihan karena pada setiap bab pelajaran dalam buku tersebut selalu terdapat latihan agar siswa berlatih atau mengkaji sesuatu seperti membaa nyaring, mendeklamasikan puisi dan  memerankan tokoh dongeng. Contoh pada sub bab mendeklamasikan puisi terdapat latihan 5  halaman 58 “ayo pahami puisi berikut, deklamasikan di depan temanmu, perhatikan lafal dan gaya”



C.       Kelebihan dan Kekurangan Buku Teks “Belajar Bahasa Indonesia Itu Menyenangkan”
Kelebihan buku teks tersebut yaitu bahasa yang digunakan mudah dipahami oleh pembaca dan isi buku teks tersebut cukup menarik dengan adanya gambar-gambar yang membuat anak-anak mudah mengerti dengan materi yang disajikan. Selain itu pada buku teks tersebut terdapat stempel BSNP yang menyatakan bahwa buku teks tersebut telah memenuhi syarat kelayakan untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Adapun kekurangan buku teks tersebut yaitu tidak mencantumkan edisi dan cetakan pembuatannya, dan kalimat perintah yang digunakan dalam setiap latihan pada buku teks tersebut tidak menggunakan tanda seru seperti pada halaman 33 pada pelajaran mengamati lingkungan latihan 6 : “ayo salinlah kalimat berikut”.  Selain itu, berdasarkan kekomunikatifan, pelajaran pada buku teks tersebut tidak mendorong siswa untuk bekerja kelompok atau berpasangan dengan siswa yang lainnya.












BAB IV
PENUTUP
A.    Simpulan

Bahasa yang diajarkan pada buku teks “Belajar Bahasa Indonesia itu Menyenangkan” merupakan bahasa alamiah yang tidak mengada-ada dan berupa ajakan. Pelatihan pada buku teks tersebut merujuk pada aktivitas kehidupan nyata dan akurasi. Selain itu pembelajarannya mengarah pada kajian atau pelatihan. Berdasarkan hal tersebut buku teks “Bahasa Indonesia itu Menyenangkan”  termasuk ke dalam buku teks tipe komunikatif dan layak digunakan sebagai buku teks pelajaran sebagaimana dicantumkan pada stempel BSNP, meskipun buku teks tersebut memiliki sedikit kekurangan.

B.     Saran
Dengan tersedianya buku teks sebagai bahan ajar yang digunakan oleh guru hendaknya seorang guru  mengetahui kriteria-kriteria buku teks yang baik agar guru tersebut mampu memilih buku teks yang tepat untuk siswa dan sesuai dengan kurikulum yang berlaku agar pembelajaran di dalam kelas berjalan secara efektif. Dengan adanya pengetahuan tentang kriteria-kriteria buku teks yang baik tersebut bisa menjadi bahan evaluasi dalam pembuatan buku teks yang berkualitas pada penerbitan berikutnya.




                                                                                                                     



DAFTAR PUSTAKA
Ismail, Kusmayadi dkk. 2008. Belajar Bahasa Indonesia itu Menyenangkan. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
 Pertiwi, Mahardika Dewi. 2013. Analisis buku teks pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1 Sekolah Dasar Dabin II Kecamatan Candinsari Semarang (suatu kajian sebagai kelayakan bahan ajar). [online]. Tersedia pada http://analisis-bukuteks.com. Diakses  pada tanggal 19 Juni 2015.
Prayoga, Amrih. 2011. Analisis Kelayakan Isi Buku Teks. [online]. Tersedia pada http://analisis-bukuteks.com. Diakses pada tanggal 19 Juni 2015.


No comments:

Post a Comment